Menuang Jenuh Dengan Tulisan

Sukses Memulai Bengkel Mobil dan Motor, Ikuti Panduan ini!

12 Jan 2017 - 17:31 WIB

Bisnis bengkel mobil dan motor adalah salah satu jenis bisnis yang cukup menggoda! Pemilik kendaraan – baik itu mobil atau motor – cukup banyak di Indonesia. Bahkan, sangat banyak! Mobil dan motor bisa dibilang sebagai salah satu transportasi favorit dan jadi kebutuhan. Oleh sebab itu, kebutuhan akan bengkel mobil dan motor yang cukup strategis lokasinya pun semakin tinggi. Tak heran kalau tak sedikit orang mengidamkan memulai bengkel mobil dan motor. Apakah kamu salah satunya?

 

Ada beberapa pertimbangan tertentu dan panduan untuk memulai bisnis ini. Adapun beberapa poin tersebut akan dipaparkan pada artikel ini. Yuk, mari simak apa saja panduan untuk memulai bengkel mobil dan motor.

Tips Memulai Bengkel Mobil dan Motor

Tentukan target pasar

Yang pertama harus diketahui adalah target pasar yang ingin diincar. Ada banyak jenis bengkel, bisa bengkel mobil ataupun bengkel motor. Selain itu, konsep bengkel yang akan diusung juga akan menentukan. Semisal apakah bengkel yang akan didirikan berkonsep biasa saja atau ditujukan untuk kategori tertentu. Nah, ini yang harus kamu perhatikan.

Tentukan lokasi bengkel

Target pasar dan lokasi bengkel tentu saja sangat berkaitan. Jika kamu menyasar para eksekutif muda ataupun kelas atas maka dirikanlah di kawasan yang sesuai. Tentu saja dengan imbas modal besar pula. Namun jika ingin bengkel kecil saja, coba pilih kawasan strategis namun dengan harga sewa terjangkau.

Terkait: 4 Bisnis Sampingan untuk Karyawan yang menjanjikan

Tentukan harga produk dan paket

Ketika memulai bisnis bengkel mobil atau motor maka yang dijual tidak hanya jasa perbaikan atau perawatan mobil atau motor saja. Lebih jauh dari itu, kamu juga bisa menjual beberapa produk yang berkaitan dengan keperluan kendaraan. Oleh karena itu, tentukan harga produk yang akan kamu jual. Pastikan untuk tidak terlalu tinggi agar dapat meraih pelanggan. Seperti misalnya tetapkan harga aki mobil, sparepart mobil dan banyak lagi onderdil lainnya yang dibutuhkan. Kemudian, kamu pun bisa memberikan paket produk agar lebih murah lagi. Biasanya pelanggan akan lebih suka apabila disediakan paket-paket tertentu.

Promosi dan Perencanaan, Bagian Penting Memulai Bengkel Mobil atau Motor

Ketiga poin di atas adalah beberapa hal dasar yang perlu ditetapkan. Namun, promosi dan perencanaan merupakan tindak lanjut untuk memulai bengkel mobil ataupun motor. Promosi yang baik dan yang cukup menarik akan sangat berguna menarik pelanggan. Gunakan teknik promosi terkini dengan Bahasa yang menarik. Bisnis bengkel adalah bisnis yang ‘biasa’ namun coba kemas dengan tampilan yang lebih segar dan unik. Siapa yang tahu, kan, bengkel yang kamu kelola akan jadi bengkel besar di kemudian hari?

Meski promosi adalah bagian penting, membenahi layanan yang akan diberikan adalah lebih penting lagi. Tidak lucu, kan, kalau promosi menarik namun ternyata layanan yang diberikan sangat kurang? Pilih montir yang andal, sparepart berkualitas dan sebagainya. Yap! Termasuk dalam hal penjualan produk, seperti spare-part mobil, bagian mobil ataupun keperluan mobil seperti aki kering, busi dan produk-produk kecil lainnya. Juallah produk yang memang berkualitas namun dengan harga yang masuk akal. Intinya adalah perencanaan yang matang terkait bengkel dan produk dalam bengkel yang akan kamu dirikan.

Nah, sudah siap untuk memulai bengkel mobil atau motor? Semoga panduan di atas dapat bantu kamu untuk sukses memulai bisnis bengkel yang sudah kamu rencanakan, ya!

Penting!

cara memperbaiki aki basah yang rusak parah


TAGS   bisnis / otomotif / mobil / motor /


Author

Hobi saya dari dulu menulis artikel

Recent Post

Recent Comments

Archive