Menuang Jenuh Dengan Tulisan

4 Bisnis Sampingan untuk Karyawan yang Menjanjikan

14 Dec 2016 - 11:53 WIB

Menjadi seorang karyawan tapi ingin berbisnis bukanlah hal yang tak mungkin. Ada tipe berupa usaha sampingan yang nantinya akan menjadi fokus utama dari bisnis tersebut. Karakteristik dari bisnis ini hanya dioptimalkan secara fleksibel dan tentunya tak terganggu maupun tak mengganggu pekerjaan utama sebagai karyawan. Di dukung oleh beraneka macamnya bisnis sampingan untuk karyawan yang mempunyai prospek menjanjikan memang akan sangat disayangkan bilamana dilewatkan begitu saja.

Pastinya menjadi karyawan ada yang pekerjaannya dicover oleh aturan ini itu dan ada pula yang diatur tapi relative bebas. Dari tipe tersebut nantinya sama-sama menemui adanya bidang usaha untuk sampingan. Kemudian, salah satunya dapat dipilih dan disesuaikan dengan opsi yang tepat dan sesuai. Bahkan ada pula beberapa bidang usaha sampingan yang dapat dihandle lebih dari satu. Secara pastinya opsi bisnis tersebut bersifat relative dan disesuaikan terlebih dahulu dengan pekerjaan utama.

Baca juga: Usaha Rumahan Yang Lagi Nge-Trend Tahun 2017

Sebagai karyawan di suatu instansi yang membuat Anda hanya aktif di jam istirahat maupun jam-jam tertentu saja tak menjadi masalah. Terdapat beberapa bidang usaha sampingan yang lebih cocok dengan status karyawan yang demikian itu, antara lain ialah:

  • Budidaya ikan mulai dari ikan hias hingga ikan konsumsi yang bisa dipantau secara fleksibel.
  • Bercocok tanam atas aneka tanaman perdu, hias, rempah-rempah maupun lainnya. Sangat cocok bagi Anda yang mempunyai lahan kecil hingga luas.
  • Membuat kerajinan tangan sesuai dengan kemampuan, seperti pada pembuatan karya dari bekas maupun lainnya. Sebagai salah satu contohnya ialah bross, jepitan rambut, hiasan dinding dan lainnya.
  • Membuat aneka makanan ringan seperti snack, jajanan pasar maupun aneka minuman kemasan.

Selanjutnya pada posisi sebagai karyawan tetapi mempunyai gerak yang lebih leluasa, terdapat beberapa perbedaan atas pemilihan usaha sampingan itu. Bentuk-bentuk dari bisnis fleksibel ini antara lain ialah:

  • Jualan pulsa untuk ponsel maupun pula elektrik. Cukup dengan ponsel yang didalamnya ada nominal saldo dan nantinya dijual secara ecer.
  • Beternak seperti ternak sapi, ayam, itik, burung maupun lainnya.
  • Menerima jasa sulam, jahit maupun payet. Sangat cocok untuk Anda yang mempunyai keahlian tersebut.
  • Jualan produk via online, yang pada biasanya atas produk milik orang lain.

Terdapat beberapa pilihan adanya usaha sampingan yang cocok bagi para karyawan, entah itu yang kerja di jam reguler hingga full time sekalipun. Tentu saja, agar tipe dari bisnis tersebut tak terbengkalai dan tak beresiko pada pekerjaan utama, diperlukan adanya pemilihan yang tepat. Pilih memilih ini pun perlu dipertimbangkan atas adanya beberapa hal, seperti:

  • Modal yang bersifat relative.
  • Media bisnis yang perlu dipersiapkan
  • Area pemasaran, bisa via online maupun offline.

Pada umumnya, pilihan dari bisnis sampingan ini lebih dipilih dengan alasan sebagai usaha kecil dan tak ingin melepas pekerjaan utama. Di samping itu, dikarenakan pula oleh hal-hal lainnya yang menjadi alasan masing-masing. Opsi usaha fleksibel tersebut pun ada beragam dan nantinya dapat diandalkan sebagai jalur income yang menjanjikan. Meskipun bersifat sampingan tetapi ada pemasukan yang menguntungkan.

Terkait: Modal Kecil Untuk Usaha Rumahan Anda

Dalam menjalankan bisnis fleksibel tersebut, tentunya Anda harus bisa memenuhi komitmen dengan mengutamakan pekerjaan utama. Di samping itu, perlu didukung pula oleh adanya strategi yang matang, seperti contohnya dengan:

  • Memilih bidang pekerjaan yang mudah dihandle.
  • Menjadikan usaha sampingan sebagai hobi.
  • Memperluas area pemasaran.
  • Mempunyai managemen waktu yang baik untuk tiap-tiap hal bersangkutan.


TAGS   bisnis sampingan /


Author

Hobi saya dari dulu menulis artikel

Recent Post

Recent Comments

Archive