Menuang Jenuh Dengan Tulisan

Persiapan Pulang Kampung dengan Mobil Jelang Natal

28 Nov 2016 - 17:32 WIB

Akhir tahun mendekat, itu artinya Natal juga semakin berada tepat di depan mata. Bagi para Nasrani yang merayakan Natal – ada beberapa yang menyambut hari tersebut dengan pulang kampung. Nah, bagi yang kampung halamannya tak cukup jauh alias bisa ditempuh tanpa pesawat – mobil pribadi bisa jadi salah satu opsi terbaik.

pulang kampung dengan mobil

Salah satu keuntungan menggunakan mobil pribadi adalah Anda tak perlu memikirkan soal kendaraan lagi di kota tujuan. Selain itu, Anda bisa lebih leluasa menentukan rute perjalanan ataupun waktunya. Bahkan, singgah di beberapa tempat selagi menuju kampung halaman.

Meski terlihat lebih mudah, akan lebih bijaksana apabila Anda lakukan persiapan pulang kampung khususnya menggunakan mobil sedetail mungkin. Dengan demikian, Anda dan keluarga dapat nyaman sampai tujuan! Mari simak beberapa tips persiapan pulang kampung dengan mobil jelang Natal nanti, berikut ini:

Tips Persiapan Mobil untuk Pulang Kampung

Beberapa hal penting yang harus diperiksa dan dipersiapkan, antara lain:

Kondisi mesin

Yang pasti, kondisi mesin adalah yang terpenting untuk dicek. Periksa apakah ada kebocoran dan beberapa masalah pada mesin. Jika ada, segera perbaiki dan jangan anggap tidak penting.

Kondisi rem

Nah, kemudian, hal terpenting lain lagi adalah rem. Kampas rem serta piringn yang masing bagus akan patut diperhatikan karena menyangkut keamanan berkendara. Periksa lagi, ya!

Listrik mobil

Ceroboh soal kelistrikan pada mobil berakibat fatal, lho! Jadi, periksa dan pastikan listrik pada mobil memenuhi aturan standar. Anda juga bisa siapkan juga beberapa alat pendukung untuk mengecek arus listrik di mobil seperti misalnya tang ampere dan  Clamp meter hioki. Tang ampere tidak hanya berguna untuk mengecek listrik di rumah, ya, tetapi juga listrik di mobil.

Shock breaker mobil dan ban

Ada baiknya sebelum pulang kampung menggunakan mobil, gantilah shock breaker dengan yang baru apabila memang diperlukan. Fungsinya adalah untuk kenyaman saat perjalanan – apalagi perjalanan berjam-jam atau beberapa hari. Pun demikian dengan ban mobil. Selain rem, ban mobil yang masih bagus sangat penting mendukung keamanan dan kenyaman berkendara. Ada baiknya untuk gunakan ban baru saja untuk menimalisir kejadian ban pecah ataupun kurang stabil saat perjalanan. Umumnya perjalanan jauh biasanya mengharuskan kendaraan melaju kencang, bukan?

Kaki-kaki mobil

Selain semua komponen yang sudah disebutkan, kaki-kaki mobil yang masih nyaman dan layak sangat penting sebagai bagian dari persiapan pulang kampung dengan mobil. Pastikan bagian kaki-kaki mobil masih layak pakai atau ganti saja dengan yang baru.

Nah, itu tadi beberapa komponen mobil yang benar-benar harus Anda perhatikan sebelum berangkat untuk pulang kampung. Di samping itu, Anda dan keluarga pun bisa mempersiapkan rute perjalanan dan waktu keberangkatan serta beberapa keperluan lainnya, seperti misalnya:

  •          Sediakan obat-obatan yang diperlukan.
  •          Bawa bekal makanan dan minuman selama di jalan.
  •          Menata barang bawaan dengan rapi dan benar.
  •          Cadangan air mentah untuk keperluan penggantian ban ataupun radiator mobil.
  •          Bawa peta jalur mudik atau gunakan GPS pada perangkat pintar Anda.

Demikian beberapa tips persiapan pulang kampung dengan mobil jelang Natal tahun ini! Semoga dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Mari persiapkan semuanya sedini mungkin dan sedetail mungkin agar perjalanan pulang kampung Anda dan keluarga lebih nyaman dan aman. Selamat mudik di tahun ini, selamat sampai tujuan!


TAGS   pulang kampung / natal /


Author

Hobi saya dari dulu menulis artikel

Recent Post

Recent Comments

Archive